Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang rumput odot untuk pakan kambing. Rumput odot bisa dibuat menjadi silase untuk pakan kambing. Cara budidayanya pun juga tak sulit.

Rumput Odot

Rumput odot adalah salah satu jenis rumput gajah (Pennisetum purpureum), yang biasa dikenal dengan sebutan Mott Elephant Grass atau Dwarf Elephant Grass di luar negeri, tanaman ini dapat tumbuh ketika musim kemarau dengan tingkat kesuburan tanah yang sedikit.

Odot dikenal memiliki tingkat kesukaan ternak yang cukup bagus untuk dipakai sebagai pakan kambing atau pakan domba. Hal ini disebabkan karena rumput ini mempunyai tekstur yang lebih lunak ketimbang rumput raja dan rumput gajah. Dan juga rumput odot tak berbulu seperti yang ada pada rumput raja dan rumput gajah.

Cara Membuat Silase Rumput Odot untuk Pakan Kambing

  1. Pertama siapkan mesin pencacah rumput atau alat pencacah rumput, rumput odot, sekop, gembor, Mol, dan dedak.
  2. Lalu rumput odot dicacah menggunakan mesin pencacah rumput, setelah itu diratakan di lantai.
  3. Tabur dedak 10kg dan garam 2 kg kemudian aduk dengan memakai sekop.
  4. Tambahkan MOL dengan memakai gembor secara merata, kemudian aduk
  5. Jika semua bahan sudah tercampur rata, taruh ke dalam drum besar.
  6. Selanjutnya masukan rumput yang sudah dicacah dan injak-injak perlahan hingga terisi penuh supaya padat dan tak ada rongga.
  7. Terakhir tutup dengan plastic dan tutup drum kemudian kunci agar lebih aman dan rapat.

Cara Budidaya Rumput Odot

1. Pembibitan Rumput Odot

Bibit rumput odot adalah bibit yang berasal dari stek, bibit tersebut dipotong dengan ukuran 15 cm sampai 25 cm lalu dibenamkan ke lahan, sebelum hendak dilakukan penanaman lakukan pemupukan dasar dalam lahan dengan memakai pupuk kandang dan tempat tanam rumput odot tersebut terkena sinar matahari yang sesuai.

2. Pola Tanam Rumput Odot

Rumput odot bisa ditanam dengan menggunakan pola monokultur atau pada lahan hanya ditanami dengan rumput odot saja. Tapi rumput odot ini bisa juga ditanam sebagai tanaman sela yang dipadukan dengan hijauan lain sebab tanaman ini mempunyai ukuran yang lebih pendek dan juga rumput odot ini bisa dipakai untuk menahan erosi lahan.

3. Penanaman Rumput Odot

Cara pertama lahan harus bebas dari gulma maupun tanaman pengganggu lainnya. Setelah itu buatlah gundukan dengan lebarsekitar 60 cm-80 cm dan tinggi sekitar 20 cm. Dalam setiap gundukan ditanami bibit, paling tidak ada 2 sampai 3 ruas yang ditanam di dalam tanah persis di tengah gundukan dengan jarak antara tanaman dalam barisan yakni sekitar 50 cm sampai 75 cm, dengan jarak tanam antar baris yakni kurang lebih sekitar 75 cm sampai 150 cm.

4. Pemupukan Rumput Odot

Pada pemupukan dasar, berilah pupuk kandang kira-kira sekitar 3 ton per hektar lahan. Agar bisa mempercepat pertumbuhan rumput odot bisa diberikan pupuk lagi jika sudah berumur sekitar 15 hari sesudah tanam dengan memakai NPK sebanyak kurang lebih 60 kg per hektar serta pupuk cair alias urin kambing fermentasi yang dipakai bahan pupuk cair yang berguna untuk pemupukan dengan cara disemprotkan pada tanaman tanah.

5. Pemanenan Rumput Odot

Rumput ini bisa dipanen jika sudah berumur sekitar 70 hari sampai 80 hari. Ciri rumput odot yang siap untuk dipanen yakni adanya ruas batang sudah memiliki ukuran 15 cm. Pada musim penghujan umur panennya yakni sekitar 35-45 hari dan pada musim kemarau yakni sekitar 40-50 hari.

Cara pemanenan rumput ini yakni dengan memotong rumput pendek dengan ukuran sejajar dengan tanah. Tetapi disarankan untuk pemanenan pertamanya dipanen sesudah 60 hari atau tunggu sampai batangnya memiliki ukuran sekitar 30 cm sampai 40 cm.

Itulah artikel saya tentang rumput odot untuk pakan kambing. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.