Jenis-jenis Pertanian Intensif

Jenis-jenis Pertanian Intensif

Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki kekayaan melimpah berupa lahan untuk menanam padi dan lainnya. Dalam sistem ekonomi, sistem pembudidayaan tanaman dengan menggunakan bantuan tenaga kerja dan modal besar disebut pertanian intensif. Lalu apa saja masukannya? Berikut penjelasannya.

Jenis Masukan Dalam Pertanian Intensif

Masukan dalam proses pengerjaan pertanian intensif memiliki beberapa jenis. Semua tipe ini digunakan oleh jenis lahan besar. Biasanya memiliki skala nasional sehingga produksinya sangat masif. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Jenis-jenis Pertanian Intensif

 

Menggunakan Teknologi Pertanian

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, dalam dunia tani tentu saja membutuhkan berbagai jenis peralatan untuk mendukung menanam hingga panen. Dalam kasus ini, masukan berupa penggunaan teknologi, seperti bahan dan alat. Untuk teknologi bahan-bahan, meliputi pupuk, benih, pestisida, dan lain sebagainya. Sedangkan penggunaan alat-alat canggih sebagai pendukung tenaga manusia antara lain, mesin-mesin efisiensi tinggi dan otomatisasi ketika proses penanaman bibit hingga setelah pemanenan.

Penggunaan Irigasi Terkendali

Irigasi adalah sistem pengairan lahan sehingga memberikan asupan air kepada tanaman-tanaman secara tepat dan teratur. Dalam praktiknya, untuk pertanian intensif membutuhkan sebuah cara yang mampu memberikan dampak lebih efisien dan hasilnya maksimal. Pengadaan sistem budidaya pertanian dalam skala besar, pemerintah akan memberikan masukan berupa penggunaan irigasi terkendali. Peralatan canggih yang digunakan merupakan hasil riset sehingga memberikan hasil panen berkualitas tinggi serta mampu memenuhi standar kuantitasnya.

Tenaga Kerja

Dalam pertanian intensif, jenis tanaman yang ditanam merupakan komoditas makanan pokok dengan jumlah besar. Biasanya hasilnya akan diekspor ke luar negeri, Untuk dapat mewujudkan tujuan ini, maka salah satu masukan pentingnya adalah pemilihan tenaga kerja. Karena sebagian besar masyarakat Indonesia adalah petani, maka tidak sulit untuk mencari tenaga kerja untuk mengikuti sistem budidaya ini. Melalui pembinaan oleh beberapa pakar di bidang pertanian, maka bisa melakukan pengarahan sehingga hasil panen lebih bermutu.

Demikian informasi mengenai jenis masukan dalam sistem budidaya pertanian intensif. Semua bantuan tersebut saling mendukung demi mendapatkan hasil panen tanaman lebih berkualitas serta juga memenuhi jumlah standarnya.

Kunjungi : https://www.tanam.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *