Pembuatan arang briket biasanya dilakukan dari tempurung ataupun batok kelapa yang biasanya tidak kita gunakan ketika kita mengolah sesuatu dari kelapa. Jadi pembuatan arang briket ini juga termasuk kedalam pemanfaatan sampah.

Dengan kamu membuat arang briket, secara tidak sadar kamu juga telah ikut menyelamatkan bumi dari limbah atau sampah yang tidak berguna. Selain itu kamu juga dapat mendapat keuntungan, karena arang briket juga dapat menghasilkan nilai jual.

Untuk bagaimana pembuatan arang briket dan pembahasan seputar arang briket akan sama sama kita bahas pada artikel kali ini. Bagi kamu yang memiliki tempurung kelapa nganggur dan tidak di olah, kamu dapat membaca ini sampai habis. Karena siapa tau, dari arang briket dapat menjadi peluang usaha untuk kamu. Silahkan disimak sampai habis ya!

 

Arang Briket

arang briket

Arang briket disebut sebut sebagai salah satu bahan bakar alternatif yang biasa digunakan untuk memasak suatu makanan dengan dibakar dan dapat menyala dalam waktu yang cukup lama. Sehingga panas yang dihasilkan pun lebih besar dan lama.

Dalam pembuatannya tentu melewati beberapa proses, seperti saat harus mengupas batok kelapanya, saat memotong, sampai akhirnya ke pembakaran. Untuk proses mengupasnya kamu juga dapat menggunakan mesin pengupas batok yang bisa kamu dapatkan di toko alat industri terdekatmu.

 

Keunggulan Arang Briket

Mengingat kembali bahwa arang briket terbuat dari bahan alami yaitu tempurung atau batok kelapa, tentu saja pada arang briket memiliki beberapa keunggulan yang dapat bermanfaat bagi kamu para penggunanya.

  1. Harga lebih murah dan tergolong ekonomis
  2. Tidak beresiko ledakan
  3. Panas yang dihasilkan tinggi dan dapat konsisten
  4. Tidak menimbulkan suara
  5. Karena menggunakan bahan alami jadi ramah lingkungan
  6. Bahan utamanya sangat berlimpah

Dengan keunggulan yang disebutkan tadi, kamu bisa mendapatkannya hanya dengan sebuah arang briket. Jika ditelusuri arang briket tidak hanya digunakan oleh masyarakat Indonesia saja, melainkan juga sudah sampai ke luar Indonesia. Hal tersebut tentu saja karena beberapa keunggulan yang sudah disebutkan di atas.

 

Pembuatan Arang Briket

Untuk membuatnya, bahan bahan yang dibutuhkan tergolong mudah ditemukan dan murah. Berikut ini merupakan proses pembuatan arang briket.

Bahan :

  • Tempurung kelapa
  • Tepung kanji
  • Air

Alat :

  • Mesin briket
  • Alat pencetak briket
  • Oven briket
  • Mesin pencampur adonan

Proses Pembuatan :

  1. Yang pertama adalah proses pengarangan, kamu dapat menggunakan dua acara yaitu :
  1. Cara manual (menggunakan tong)
  • Kamu dapat memasukkan tempurung kelapa ke dalam tong, kemudian tutup tong.
  • Setelah itu kamu dapat mulai membakarnya dengan kondisi tong tertutup.
  1. Cara modern (menggunakan proses pirolisis)
  • Hal yang sama pada cara manual, kamu dapat memasukkan tempurung kelapa ke dalam tangki pirolisis, lalu tutup tangki.
  • Selanjutnya kondensasi-kanlah kepulan asap yang ada sampai menjadi asap cair.
  1. Jika sudah, maka masuk ke proses selanjutnya yaitu proses penepungan. Yang mana setelah tempurung kelapa melewati proses pengarangan, sekarang ditepung menggunakan bantuan mesin pencampur adonan.
  2. Selanjutnya proses pengayakan, kamu dapat melakukannya dengan mengayak adonan tadi menggunakan saringan sampai arang tempurung kelapa lebih lembut dan halus.
  3. Proses berikutnya adalah pencampuran media, yang mana kamu harus mencampurkan tepung batok kelapa tadi dengan air serta tepung kanji dengan takaran 2,5% dari tepungnya. Aduk sampai semua rata.
  4. Kemudian kita masuk pada proses mencetak briket dengan menggunakan alat pencetak briket.
  5. Proses terakhir yaitu pengeringan. Dalam proses ini kamu dapat menggunakan oven briket dengan suhu 650 derajat C, dengan waktu kurang lebih 2 jam. Atau jika kamu ingin mengeringkannya secara manual kamu dapat menggunakan panas matahari.

Itulah proses pembuatan arang briket yang cukup rumit jika kamu membuatnya sendiri dan secara manual. Maka dari itu kamu dapat ikut meramaikan penjualan arang briket dengan kamu membelinya.

 

Cara Menyalakan Arang Briket

cara menyalakan arang briket

Jika kamu masih belum tau bagaimana cara menyalakan arang briket, kamu dapat mengikuti cara berikut ini.

  1. Masukkanlah kertas atau tisu ke dalam cerobong arang
  2. Lalu letakkan arang briket pada gumpalan kertas atau tisu tadi
  3. Kemudian, kamu dapat mulai menyalakan api dari celah yang ada pada bagian bawah
  4. Lalu kamu dapat menunggu sampai 5 menit atau sampai api yang terbuat telah menyentuh arang briket
  5. Jika sudah, kamu dapat memindahkan arang briket ke alat pemanggang yang akan digunakan
  6. Cara yang terakhir yaitu menjaga api.

 

Penutup

Itulah dia beberapa pembahasan mengenai pembuatan arang briket yang dapat kamu ikuti dan siapa tau dapat kamu kembangkan menjadi bisnis. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *